11. saya sangat setuju dengan penilaian penulis bahwa iklan mendominasi sekarang ini. Zaman sekarang ini merupakan zaman yang sudah dapat dikatakan zaman modern. Zaman semakin modern, maka semakin banyak produk-produk baru yang dikeluarkan ole hide manusia dan diproduksi lalu dipasarkan. Dari semakin banyak produk yang diproduksi, maka persaingan dunia bisnis semakin pesat.
Dari setiap perusahaan yang mengeluarkan produk baru, maka setiap perusahaan harus bersaing dengan perusahaan lain untuk menjual produknya agar laku dipasaran. Salah satu cara untuk menjual produk tersebut ialah melalui iklan. Iklan dapat disebarkan di media massa, dapat melalui radio ataupun televise. Seperti yang saya katakana di kalimat atas, bahwa zaman sekarang yang modern ini banyak produk yang dikeluarkan, maka sesuai sekali dengan penilaian penulis bahwa iklan sangat mendominasi pada zaman sekarang.
12. sangat benar permasalahan iklan komersial terlihat lebih jelas di radio dari pada di televisi. Televisi merupakan media massa elektronik yang lebih modern dari pada radio. Apalagi televisi mempunyai keunggulan dengan audio visualnya. Sedangkan radio hanya bisa nyala dengan gelombang sinyal saja.
Tentu saja iklan lebih bagus jika ditayangkan di televise, karena efeknya langsung kena ke masyarakat (khalayak). Jika lewat radio, iklan yang ditayangkan belum tentu efeknya sampai ke khalayak, karena bisa saja terkena gangguan seperti hujan, angin, dan lain-lain yang dapat merusak sinyal radio sehingga menyebabkan suara tidak jelas.
13. Di radio ada system cash time-compression yaitu bloking time dalam penyediaan ruang untuk membeli spot iklan. Prime time : 07.00-09.00, 11.00 – 13.00, 16.00 -18.00.
Secondary time di radio:19.00 – 22.00. Regular time : waktu selain prime dan regulertime. Penjadwalan untuk seluruh program yang akan disiarkan di radio setiap harinya disimpan dalam suatu daftar yang disebut program log.
sebaiknya dalam penyiaran radio, pembagian jarak waktu atau durasi (bloking time) untuk iklan harus benar-benar diperhatikan agar iklan yang masuk ke radio tidak bentrok dengan siaran radio. Selain itu juga seharusnya peminatan iklan ke radio dibatasi, karena tidak baik terlalu banyak iklan yang masuk ke radio yang dapat menyebabkan mengahmbat acara siaran radio.
14. Suatu acara, baik itu film, sinetron ataupun FTV sangat menarik jika acara tersebut sesuai dengan pengalaman kehidupan nyata, karena mempunyai daya tarik yaitu FOE-nya (Frame of experience) para penonton atau kahlayak. Penonton sangat tertarik menonton acara selain karena menghibur juga acara tersebut sesuai dengan pengalaman kehidupannya. Karena acara tersebut menggugah psikologinya para penonton yaitu emosi dalam menonton acara tersebut.
15. Acara reality show berseri mempunyai keuntungan tersendiri bagi industry televisi yaitu acara dari reality tersebut, banyak yang menonton karena penonton sangat menyukai acara televisi yang berseri dan banyak iklan yang meminati acara reality show tersebut. Suatu acara jika laku ditonton maka banyak iklan yang minat untuk menjadi sponsor acara tersebut sehingga pemasukan lebih besar dari pada pengeluaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar